RSS

JAM DIGITAL DENGAN PENAMPIL LCD TANPA RTC (REAL TIME CLOCK)

25 Apr

Mungkin ini sebuah project yang biasa saja, dan semua orang pasti sudah bisa membuatnya. Tapi disini saya akan tetap mempostingnya, mungkin aja berguna bagi yang lainnya. Dikarenakan pada proyek ini tidak menggunakan RTC (Real Time Clock), sehingga ketika catu daya atau power supply dimatikan maka nilai dari jam digital tersebut akan menunjukan pukul “12:0:0”. Oleh karena itu saya tambahkan 3 buah push button untuk menset nilai tersebut.

Cara kerja jam digital yang saya buat adalah menggunakan penampil LCD 2×16. Kemudian terdapat 3 buah pushbutton yaitu SET, UP dan DOWN. Tombol SET digunakan untuk menset jam, kemudian UP dan DOWN digunakan untuk menset nilai dari jam. Jika ingin menset menit maka harus menekan tombol SET kembali, begitu seterusnya untuk menset detik.

Berikut adalah schematic dan cara menset timer pada CodeVision CodeWizard AVR:


Jika teman-teman belum mengerti atau kurang jelas untuk mensetting timer pada CodeVision AVR dapat membaca pada postingan saya tentang Tutorial Timer dan Counter AVR.

Berikut adalah cuplikan programnya (untuk program lengkap dapat didownload pada link dibawah cuplikan program).

Interupt timer 1 untuk menghasilkan detik:

// Timer 1 overflow interrupt service routine
interrupt [TIM1_OVF] void timer1_ovf_isr(void)
{
// Reinitialize Timer 1 value
        TCNT1H=0xD23A >> 8;
        TCNT1L=0xD23A & 0xff;
        detik++;
}


Program untuk mendapatkan detik, menit dan jam.

void jam_digital()
{
if (detik==60)
      {
         lcd_clear();
         detik=0;
         menit++;
      }    

       if (menit==60)
      {
        lcd_clear();
        menit=0;
        jam++;
      }

      if (jam==24)
      {
        lcd_clear();
        jam=0;
      }
}

Dan ini adalah setting untuk Timer1:

// Timer/Counter 1 initialization
// Clock source: System Clock
// Clock value: 11.719 kHz
// Mode: Normal top=FFFFh
// OC1A output: Discon.
// OC1B output: Discon.
// Noise Canceler: Off
// Input Capture on Falling Edge
// Timer 1 Overflow Interrupt: On
// Input Capture Interrupt: Off
// Compare A Match Interrupt: Off
// Compare B Match Interrupt: Off
TCCR1A=0x00;
TCCR1B=0x05;
TCNT1H=0xD2;
TCNT1L=0x3A;
ICR1H=0x00;
ICR1L=0x00;
OCR1AH=0x00;
OCR1AL=0x00;
OCR1BH=0x00;
OCR1BL=0x00;

DOWNLOAD DISINI UNTUK PROGRAM LENGKAPNYA

 
2 Comments

Posted by on April 25, 2011 in AVR Projects

 

Tags: , , , , , , ,

2 responses to “JAM DIGITAL DENGAN PENAMPIL LCD TANPA RTC (REAL TIME CLOCK)

  1. yogi

    June 6, 2011 at 08:35

    bisa tolong postingin yg pke RTC DS1307 gak mas?atau kirim aja ke email saya yogi.girola@gmail.com.saya udah googling trus coba2 tpi blom berhasil2.
    Trus adakah no hp/telp yang bisa dihub, sya lgi ngerjakan TA,btuh mentor.atau mngkn saya bisa menggunakan jasa dari electrocontrol.mksh

     
    • ElectrO-cOntrOl Team

      June 8, 2011 at 14:30

      cara mengakses DS1307 sudah saya posting, jika anda membutuhkan jasa pembuatan alat/konsultasi melalui blog ini. anda dapat menghubungi saya via email electro.control@rocketmail.com
      maaf saya tidak bisa memberikan no tlp, karena saya tidak ingin mempublikasikan diri saya…..

      semoga bermanfaat..

       

Leave a Reply

 
