RSS

USB DOWNLOADER AVRISP MK II SUPPORT CODEVISION AVR

22 Apr

Seperti yang saya telah janjikan sebelumnya, disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat USB downloader AVR yang support dengan CodeVision AVR, dimana USB downloader yang saya gunakan bernama AVRISP MK II. Tidak seperti USBasp yang saya posting pada artikel sebelumnya, dimana USBasp masih memerlukan beberapa settingan agar dapat langsung support dengan CodeVision AVR. Untuk downloader USB AVRISP MK II ini sudah tidak lagi memerlukan settingan tertentu agar dapat support dengan CodeVision AVR. Berikut beberapa langkah cara pembuatannya:

1. DOWNLOAD FIRMWARE

Silakan download disini, berisi firmware untuk Atmega8 dan shematic rangkaian.

2. MEMBUAT RANGKAIAN KE PCB

Jika teman-teman sudah pernah membuat rangkaian/schematic USBasp ke PCB, teman-teman bisa menggunakan rangkaian/schematic tersebut untuk pembuatan AVRISP MK II, kemudian ikuti langkah berikutnya. Jika teman-teman belum tahu rangkaiannya, berikut schematicnya:



Catatan: pada gambar diatas dioda zener harus benar-benar bernilai 3,6 Volt, menurut pengalaman kesalahan banyak terjadi pada ketidaksesuaian pemilihan dioda zener. dan nilai capasitor ceramic pada cristal ATmega8 disarankan bernilai 22pF. Untuk keterangan posisi JUMPER ada pada folder Rangkaian AVRISP MKII yang teman-teman download.

Berikut adalah Rangkaian yang sudah saya buat ke PCB dan sudah dapat digunakan pada CodeVision AVR. Mempunyai dimensi 7 cm x 4,5 cm, untuk pembuatan layoutnya saya menggunakan software Orcad Release 9.1. Rangkaian yang saya buat ini sudah saya coba menggunakan firmware USBasp dan AVRISP MKII, dan berhasil dua-duanya. Jika anda menginginkan layout PCB dalam bentuk file Orcad, anda dapat mendownloadnya disini.

Setelah dibuat PCB harap dicek terlebih dahulu apakah ada jalur yang short atau tidak, karena akan dihubungkan pada Komputer atau laptop.

3. DOWNLOAD FIRMWARE KE ATMEGA8

Cara untuk mendownload firmware ke ATmega 8 telah saya jelaskan di Downloader USBasp pada langkah kedua di postingan tersebut. Sedangkan untuk firmwarenya berada pada folder yang tadi teman-teman download (ElectrO-cOntrOl\Firmware AVRISP MKII\MK II mega8.hex)

4. INSTALL DRIVER

Setelah mendownload firmware ke Atmega8, saatnya menginstall driver AVRISP MK II. Sudah lama saya mencari file yang berupa drivernya saja, dibeberapa blog yang ada di indonesia memberikan file yang  hanya berupa drivernya saja. Tetapi ketika saya coba, ternyata AVRISP MK II saya tidak terdeteksi oleh system operasi (windows) dikarenakan drivernya tidak tepat.

Untuk mengatasi masalah tersebut saya terpaksa menggunakan software AVR studio 4.18 yang sudah terdapat driver AVRISP MK II. Untuk mendapatkan AVR studio 4.18 silakan download disini.

Kemudian install AVR Studio, maka biasanya secara otomatis akan meng-install driver AVRISP MK II. Jika sudah terinstall secara otomatis maka AVRISP MK II siap digunakan dan untuk dapat digunakan pada CodeVision AVR ikuti langkah no. 5.

Jika belum terinstal secara otomatis. lakukan langkah berikut. Untuk mengetahui apakah driver AVRISP MK II sudah terinstall, caranya hubungkan AVRISP MK II yang sudah di isi dengan firmware ke port USB PC/laptop. Jika windows meminta driver, maka driver AVRISP MK II belum ter-install secara otomatis.

Untuk meng-install caranya, ketika window meminta driver pilih ADVANCED, seperti gambar dibawah, kemudian NEXT.

Kemudian pilih Don’t search, seperti gambar dibawah ini, kemudian NEXT.

maka akan muncul pada kolom MODEL WinDriver, klik pada WinDriver kemudian NEXT. Setelah windows melakukan install driver maka untuk mengecek apakah driver tersebut berhasil di install atau tidak dapat dilihat pada DEVICE MANAGER.

Jika berhasil maka pada DEVICE MANAGER akan muncul seperti gambar berikut.

5. MENGGUNAKAN CODEVISION AVR

Untun mendapatkan software CodeVision AVR Pro silakan download disini,

Buka CodeVision AVR, kemudian pilih programmer yang akan digunakan yaitu AVRISP MK II, caranya SETTINGS → PROGRAMMER → Atmel AVRISP MkII (USB) → OK.

Berikutnya adalah mensetting debugger direktori, caranya SETTINGS → DEBUGGER → browse kemudian pilih AVRStudio.exe (ada difolder C:\Program Files\Atmel\AVR Tools\AvrStudio4\AVRStudio.exe)

Setelah melakukan beberapa cara diatas maka, AVRISP MK II teman-teman sudah langsung bisa digunakan pada CodeVision AVR. Untuk mengujinya silakan buat program sederhana pada CodeVision AVR dan silakan didownload dengan mengklik RUN THE CHIP PROGRAMMER atau dapat menekan SHIFT+F9.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…

 
3 Comments

Posted by on April 22, 2011 in USB Downloader AVR

 

Tags: , , , , ,

3 responses to “USB DOWNLOADER AVRISP MK II SUPPORT CODEVISION AVR

  1. bgip

    July 17, 2011 at 01:00

    mas,, saya kok gak bisa ya install drivernya,,
    padahal udah install avr studio terbaru,,

     
    • ElectrO-cOntrOl Team

      July 21, 2011 at 03:01

      Blog ini telah dipindah ke alamat baru yaitu:

      elektro-kontrol.blogspot.com

      Jika ada pertanyaan atau komentar silakan kunjungi blog yg terbaru, jika anda meninggalkan pertanyaan atau saran disini tidak akan ditanggapi.

      Harap maklum. Terima kasih.

       
  2. kaka

    July 29, 2011 at 22:39

    bagus..aq udah pernah. bisa pake win xp,, tapi kalo win7 tidak bisa. mohon info nya.ke email (airifinkk@gmail.com)yah

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: